Thursday, October 1, 2015

Pastel isi Lobak dan Soun

Ternyata sudah lumayan lama saya tidak membuat pastel. Sebenarnya , awal pertama saya membuat pastel ketika kelas 1 SMP. Itu karena kemauan saya sendiri, untuk bisa setor makanan di kantin sekolah. Makanya dengan tekat (tanpa liat resep, hanya modal kira kira), saya pun membuat pastel sederhana. Alhamdulillah berhasil, dan saya berhasil menjualnya di kantin sekolah. Senaaang sekali rasanya.

Sejak saya menikah, memang saya semakin rajin memasak. Apalagi, kantor suami ngga begitu jauh dari rumah. Jadi setiap siang pun pulang untuk makan siang. Setiap sore/malam, saya selalu berpikir, kira kira esok mau masak apa ya? Terkadang saya bertanya ama suami, besok mau makan apa? Biasanya saya tawarin bahan Daging, Ikan, Telur, Sayuran, Pasta (termasuk mie ayam, yang mie nya saya selalu giling sendiri)., Soup (termasuk bakso/soto/sup) atau yang  lain (olahan terserah saya).

Pas kemaren tgl 29.09 saya lupa nanya semalam sebelumnya. Akhirnya pagi pagi saya bingung mau masak apa. Seperti biasa buka ruangan yang isinya khusus stock bahan bahan makanan, lalu berpindah ke kulkas, masih ada lobak putih, wortel, daun bawang. 
Mumpung ada salad juga, saya pun memutuskan membuat  Pastel  Lobak Soun dengan Salad  yang dressingnya seed pumpkin oil kesukaan kita. Saya pun, juga menggoreng kerupuk Gadung buat pelengkap.

Walopun kalo di indonesia hanya buat cemilan. Tapi, dengan sedikit pelengkap, bisa buat makan siang juga.


Oh iya, ini resep nya.

                                                  PASTEL ISI LOBAK & SOUN



Bahan

A. Kulit

1. 250 grTerigu
2.  40 gr Shortening
3. 1/2 sdt garam
4. 100 ml Air hangat kuku.


B. Bumbu
1. 2 Siung bawang putih
2. 1/2 sdt kencur bubuk
3. 2 sdt Kecap asin
4. 1 Kemiri
5. 1 Siung Bawang Putih
6. 1 sdt garam
7. 1/2 sdt gula
8. 1/4 sdt merica
9. seujung sdt pala bubuk

C.Isi
1.  Lobak Putih ( kira kira 9 cm. Itu lobak yang tersisa di kulkas). Potong potong dadu kecil
2. Segenggam Soun ( rendam air panas beberapa menit hingga lembek, tiriskan)
3. 3 buah Wortel, kupas, iris iris tipis
4. 3 butir Telur rebus, potong potong.


Cara Membuat.
1. Pertama, bikin adonan A. Campur semua bahan, uleni hingga kalis. Sisihkan.
2.  Haluskan bumbu : Bawang putih, bawang merah, kemiri, kencur, merica, pala.
3. Tumis bumbu hingga harum. Masukkan lobak dan wortel hingga sedikit layu. Tambahkan soun. Aduk aduk. Tambahkan garam, gula, kecap asin. Aduk aduk hingga bumbu terserap.
4. Gilas adonan, cetak. olesi pinggirnya dengan sedikit air.  Isi dengan  sayuran dan telur rebus. Rapatkan ujungnya.
5. Goreng dalam minyak yang banyak.

No comments: