Sunday, October 11, 2015

Asinan Apel

Saya sangat suka dengan buah buahan yang berasa asam  manis dan crunchy tentunya. Salah satunya, apel, granny smith. Apel hijau yang satu ini membuat saya jatuh cinta, ketika awal saya mengigitnya.
Setiap ke supermaket atau pasar tradisional ( di austria atau ketika jalan jalan ke italy /negara tetangga lain), saya sempatkan membeli jenis yang satu ini (kalo kebetulan ada). Apel yang satu ini juga awet (tahan lama) di kulkas.

Seperti ketika 3 minggu lalu ke pasar, saya langsung membeli 5kg. Seperti biasanya, hampir setiap hari saya makan satu persatu. Sampe suatu ketika saya agak bosan makan begitu aja. Akhirnya saya berpikiran untuk membuat asinan. Saya sudah berpikiran, pasti rasanya akan asem banget kalo ketambahan perasan jeruk lemon dan cuka. Makanya saya menambahkan cabai yang agak banyak agar rasanya rame.

Dan benar, ketika sudah jadi ( setelah saya simpan di kulkas tentunya), rasanya benar benar aduhaaiii..segar..pedass..asemm dan sedikit manis.

Ini dia resepnya



1. 750gr Apel Granny Smith ( kira kira 5 buah)
2. 1/2 sdt garam
3.  15-20 buah cabe Habanero ( yang merah), haluskan
4.  1 sdt Chili Capsicum
5.  50-100gr Gula Pasir ( bisa ditambah sesuka selera, kalo suka manis).
6.  500-600 ml Air
7. 1 sdt Bawang putih bubuk.


A. Rebus air bersama gula, cabai, bawang, chilli capsicum, dan garam hingga mendidih.Sisihkan.
B. Kupas dan potong potong apel.
C. Masukan potonan apel ke dalam kuah asinan (masih dalam keadaan hangat kuku/ low warm.
D. Diamkan hingga dingin. Lalu masukan dalam kulkas.
C. Siap dinikmati ketika sudah benar benar dingin dan bumbu meresap ke dalam apel.





No comments: